Headlines News :
Home » , » Mundur dari Jabatan Itu Pilihan..

Mundur dari Jabatan Itu Pilihan..



Menteri memang diangkat dan diberhentikan oleh Presiden, secara konstitusi memanglah demikian, tapi kalau mengundurkan diri dari jabatan bukanlah tindakan yang inkonstitusional. Masalahnya banyak pejabat negara yang sedang bermasalah enggan untuk mengundurkan diri sebelum diberhentikan oleh Presiden, karena dengan mengundurkan diri itu berarti secara tidak langsung mengakui kesalahan. Inilah dilema yang sedang dihadapi Menpora Andi Malarangeng.

Mundur dari jabatan kalau atas dasar niat menjaga nama baik, sangat mungkin akan menjadi sebuah pilihan yang tepat, sekali pun pada akhirnya akan tetap dihujat. Terlepas dari salah atau benar, buat apa merasa benar kalau pada akhirnya fakta mengungkapkan memang bersalah, mungkin lebih baik dituduh bersalah tapi pada kenyataannya dalam posisi benar, maka mundur akan lebih terhormat.

Menjawab berbagai desakan berbagai pihak, agar dirinya mundur dari jabatan, terkait berbagai kasus yang sedang dihadapinya, Menpora Andi Malarangeng mengatakan :


 "Saya rasa kita tahu bahwa menteri diangkat dan diturunkan Presiden. Kalau memang Presiden menganggap kinerja saya tak maksimal maka saya siap," kata Andi Mallarangeng usai membuka acara Rakornas KNPI di Hotel Santika, Medan, Jumat malam.


Sudah jelas Menteri Andi tidak akan mundur kalau tidak Presiden yang menurunkannya dari Jabatan, dalih ini cukup kuat bagi Andi untuk tetap bertahan, dan Andi sangat tahu bahwa Presiden SBY tidak akan mungkin memberhentikannya. Kalau sampai Preisden SBY pun pada akhirnya memberhentikan Andi Malarangeng dari jabatan Menpora, itu artinya Presiden SBY sudah menjalankan amanat konstitusi dengan sebenarnya, dan Andi pun harus legowo menerima keputusan tersebut.


Mungkin mundur dari jabatan belumlah menjadi tradisi dinegara ini, padahal dinegara-negara lain mundur dari jabatan dianggap sebagai tindakan yang terhormat demi menjaga martabat. Mundur dari jabatan itu pada dasarnya adalah pilihan, dan bukanlah karena paksaan, tapi kalau baru mundur setelah didesak dan karena paksaan, maka tindakan mundur dari jabatan akan menjadi celaan.


Sumber berita :
http://politik.vivanews.com/news/read/320087-menteri-andi-siap-mundur-bila-diperintah-sby

Foto : Vivanews.com



Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. mataajinatha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger