Headlines News :
Home » » Biarkan Tulisanmu Mencari Pembacanya

Biarkan Tulisanmu Mencari Pembacanya


Ada saatnya kita membaca tulisan teman yang bagus-bagus, maka saat itu pula kita ingin membuat tulisan yang bagus seperti itu. Keinginan seperti itu tidaklah salah, yang salah itu ketika kitapun meniru gaya penulisannya, sehingga yang muncul dalam tulisan yang kita buat bukan lagi karakter kita sendiri, tapi karakter teman yang kita tiru gayanya.
Padahal semangatnya menulis bagus itu perlu ditiru, seperti apa menulis agar tulisan kita bagus itu perlu dilakukan, tapi memindahkan gaya tulisannya ketulisan kita itulah yang menghilangkan gaya penulisan kita sendiri. Menulis dengan gaya penulisan kita sendiri banyak manfaatnya, karena dengan begitu kita akan menemukan karakter sendiri.
Biarkan tulisan kita yang mencari pembacanya, bukan kita yang mencari pembaca. Karena sebuah tulisan yang kuat karakternya, dia akan menseleksi pembacanya sendiri. Kalau kita yang mencari pembaca tulisan kita, ada kemungkinan kita akan menulis sesuai dengan keinginan pembaca.
Sebagai penulis tulisan-tulisan yang bersifat komersil sih sah-sah saja, tapi tetap saja hal tersebut akan menghanyutkan kita pada selera pasar, padahal sebuah karya tulis adalah juga sebuah karya seorang profesional, yang mempunyai kekuatan dan daya tarik tersendiri. Tulisan yang terlahir dari hati akan mencerminkan hati penulisnya dan akan mencerminkan karakteristik penulisnya.
Maka dari itu kenapa dikatakan menulis itu butuh kejujuran, karena dengan kejujuranlah kita akan melahirkan karya-karya yang mengekspresikan kejujuran penulisnya. Di Kompasiana ini banyak sekali teman-teman penulis yang sangat konsisten dengan karakter penulisannya, tidak terpengaruh dengan gaya penulisan teman-teman yang ada.
Kadang-kadang saya juga ingin menulis sesuai dengan karakter dan gaya penulisan saya, tapi kadang pula terpengaruh juga dengan gaya penulisan teman-teman di Kompasiana. Ada bagusnya kita menulis dengan karakter dan gaya penulisan yang berbeda, karena dengan demikian akan menambah kekayaan dan ragam penulisan di Kompasiana. Bagaimana dengan Anda ? Apakah Anda sudah menemukan karakter dan Gaya penulisan sendiri ? Ayo terus kita menulis, selamat mencoba semoga bermanfaat.
Salam- Ajinatha
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. mataajinatha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger