Headlines News :
Home » , » Apa Istimewanya "Kado Spesial" SBY untuk Buruh ?

Apa Istimewanya "Kado Spesial" SBY untuk Buruh ?





Dalam rangka menyambut "May Day" besok (1/5/2012), Presiden SBY akan membuka 4 Kado Spesial untuk buruh, kado tersebut diharapkan bisa meringankan beban buruh. Sebelum kita melihat apa istimewanya Kado Spesial dari SBY tersebut, perlu kita pertanyakan terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan pokok buruh pada umumnya. Kalau dikatakan kado tersebut diharapkan bisa meringankan beban buruh, tentulah artinya kado tersebut sangat berkaitan erat dengan kesejahteraan buruh.


Baiklah sekarang kita mencoba melihat apa saja Kado Spesial SBY  untuk buruh yang katanya istimewa, apakah benar-benar istimewa dan sangat memenuhi apa yang dibutuhkan buruh, atau kado tersebut langsung bisa direalisasikan, atau masih hanya berupa janji saja. Berdasarkan yang saya kutip dari Detik Finance, kado spesial tersebut adalah sebagai berikut :


  1. Pekerja yang penghasilannya tidak dikenai pajak yang semula Rp 1,3 juta menjadi Rp 2 juta. 
  2. Lalu pengadaan rumah sakit buruh, Dalam waktu dekat dibangun di Tangerang, Bekasi dan mungkin sidoarjo,
  3. Transportasi murah untuk buruh di kawasan industri. Sebagai tahap awal akan dibeli 200 unit bus untuk wilayah Tangerang, Bekasi , Jawa Timur dan Batam.
  4. Pengadaan rumah murah untuk buruh. Tapi kado yang ini masih dimatangkan skemanya, apakah dalam bentuk rusunawa atau landed house yang diberi bantuan uang muka dari pemerintah.
Demikianlah seperti yang disampaikan Menakertrans Muhaimin Iskandar di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (30/4/2012). Apakah kado spesial ini benar-benar istimewa ? Penulis pikir akan menjadi istimewa kalau implementasinya sesuai dengan harapan, kalau tidak terimplementasi dengan benar maka tidaklah menjadi istimewa, dan itu artinya Pemerintah kembali hanya mengumbar janji untuk menyenangkan hati masyarakat, pada akhirnya yang disalahkan adalah staf-staf yang diberikan tanggung jawab dalam pelaksanaannya.


Kado Spesial pada point 1 sangat mungkin bisa segera direalisasikan, tapi untuk point 2,3 dan 4 sepertinya masih butuh waktu yang panjang untuk merealisasikannya, apakah kalau 4 point ini cukup mensejahterakan buruh ? Sejahtera secara optimal tentunya tidak, sekedar meringankan mungkin saja, itu pun kalau segera terealisasikan, tapi minimal  Kado Spesial dari SBY ini  sudah bisa digunakan untuk meredam Aksi para buruh yang rencananya akan melakukan Aksi Demo Secara besar-besaran.


Foto : www.demokrat.or.id


Sumber tulisan
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. mataajinatha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger