Orang-Orang "Tanpa Kepala"



illustrasi : sbelen.wordpress.com

Aku masih pakai kepala
Tapi aku bertanya seperti apa
Kalau ada orang-orang tanpa kepala
Ikut mengelola negara ini
Sungguh aku tidak bisa membayangkan
Negara dikelola orang-orang tanpa kepala

Aku terus bertanya dan bertanya
Aku yang masih pakai kepala
Sulit membayangkan bagaimana mengelola negara
Sedangkan semua kepala sama hitamnya
Lantas bagaimana jika semua orang tanpa kepala
Lebih sulit membedakannya

Entahlah bagaimana mungkin orang bisa bilang
Yang mengelola negara ini
Orang-orang tanpa kepala, dan juga tanpa hati
Sejenis manusia apakah ini..
Apakah mereka manusia dari planet yang berbeda
Sehingga tak berwujud layaknya manusia biasa

Orang-orang tanpa kepala
Menggerogoti negara dengan suka-suka
Negara gagal pantas disandang Indonesia
Indonesia menjadi tertawaan dunia
Karena dalam hal korupsi dianggap Jawara
Tapi aku tetap tidak malu jadi orang Indonesia
Meskipun dikelola orang-orang tanpa kepala

Mungkin saja suatu saat
Kepala mereka kembali pada jasadnya
Menjadi manusia yang utuh dan
Bisa memanusiakan manusia lainnya
Orang-orang tanpa kepala sedang hidup
Diluar batas fitrahnya, mereka sedang lupa
Berpijak dibumi Nusantara..
Jakarta, 27 Juni 2012
Dari sudut Mataajinatha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar