Menulislah tapi Jangan Masturbasi




“Menulis, bicara, berbuat, tidak pernah khusus untuk diri sendiri, langsung atau tidak langsung. Tidak ada seorang seniman berseni untuk diri sendiri, itu namanya Masturbasi”

Menulis adalah salah satu cara untuk meng-aktualisasikan diri, mempertajam pikiran dan mengasah nurani, dengan menulis maka kita akan senantiasa membaca, dengan membaca maka kita akan menganalisa, menganalisa menggunakan pikiran, dengan digunakannya pikiran maka dia akan terasah.

Pramudya ananta Toer pernah mengatakan :
“Orang boleh pandai setinggi langit,tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan dari sejarah….Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

Menulis adalah juga meng-ekpresikan aspirasi , untuk mengatakan apa yang ada dihati, meng-komunikasikan pikiran dan memperluas wawasan , melenturkan pikiran dengan menangkap situasi untuk menjadi bahan penulisan.

Dengan menulis kita juga belajar , dan belajar tidak mesti dengan buku, bila buku tidak ada , bahan tulisanpun tidak ada, bukankah orang harus belajar juga ? Dengan mengamati, memperhatikan, menghapal, mendengarkan, orangpun belajar. Tetapi juga banyaknya belajar tidak menjamin orang menjadi pandai. Belajar adalah memupuk ilmu dan pengetahuan didalam dirinya. Pandai adalah bisa menggunakan ilmu dan pengetahuan itu. Dan orang yang cerdas, inteligen, adalah yang pandai menarik kesimpulan dari ilmu dan pengetahuannya dan pengalamannya. Orang yang resolut adalah pandai memutuskan dan melaksanakan segala yang dapat disimpulkannya.( Pramudya Ananta Toer)

Apa yang dikatakan pak pram diatas ada benarnya juga, belajar untuk menjadi pintar bukanlah diukur dari kwantitas belajarnya, tapi lebih pada kualitas belajarnya, maka keseimbangan belajar dengan menulislah yang akan meningkatkan kualitas intlektual, kemampuan menulis akan sangat mendorong memudahkan menarik kesimpulan dari suatu permasalahan, maka dari itu menulis adalah sesuatu yang sangat penting untuk mengasah intlektual.

Kalau menulis adalah ekpresi jiwa, tulisan yang tertuang akan lebih pada ungkapan hati dan jiwa, bahkan terkadang menjadi luapan emosi, tapi lain halnya menulis sebagai menuangkan buah pemikiran yang dikomunikasikan dengan sedemikian rupa, mudah dipahami, disampaikan dengan bahasa yang sederhana sehingga gampang dicerna pembacanya, biasanya tulisan seperti ini difungsikan sebagai sebuah gagasan pemikiran, artinya dia akan bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Ketika kita mem-publish sebuah tulisan tentu saja tujuannya agar di apresiasi oleh pembacanya, dan rata-rata tulisan yang diapresiasi adalah tulisan yang memiliki kelebihan kedekatan emosional dengan khalayak pembacanya, jadi kalaulah tulisan yang kita publish belum mendapat apresiasi, bukan berarti kita telah gagal dalam menulisnya, masalahnya hanya pada tajuk tulisan tersebut belumlah mengena dihati pembacanya.

Bagi Pramudya Ananta Toer  menulis, bicara, berbuat, tidak pernah khusus untuk diri sendiri, langsung atau tidak langsung. Tidak ada seorang seniman berseni untuk diri sendiri, itu namanya “Masturbasi”. Ada  faal sosial didalamnya, makin dikembangkan faal ssosial itu semakin baik. Tak ada orang makan untuk makan.

Memeperindah bahasa dalam tulisan adalah keharusan agar enak untuk dibaca, namun menata kata terlalu luar biasa juga akan menghilangkan makna, tulisan yang sederhana enak dibaca, namun penuh makna, biasanya lebih diminati pembacanya.

Kembali pada niat Untuk Apa Menulis…semua tergantung kepentingan dan kebutuhan masing-masing, untuk kepuasan diri sendiri, pembaca ? yang jelas apa yang ingin kita tulis adalah sesuatu yang bermakna juga bermanfaat bagi pembacanya,

Sebagian tulisan dikutif dari buku “81 Seruan untuk Kemajuan Bangsa dan kemuliaan Martabat Manusia “ karya Pramudya Ananta Toer.


illustrasi : http://ramboeistblast.files.wordpress.com

2 komentar:

  1. Terima kasih Pak Aji..

    artikel menginspirasi dan menambah pengetahuan saya buat terus belajar menulis,

    salam hangat Pak.
    saya selalu mampir di sini,walau tida selalu menyimpan jejak dg komentar.

    A.Suherman

    BalasHapus
  2. Salam kenal pak Aji, setiap postingan tentang ajakan menulis, saya selalu senang membacanya. Tulisan pak Aji mengena. Aktual.

    BalasHapus